SMS Gratis SEpuasssssnya

SMS Gratis
News Update :
Home » » Tugas sofskil Pend.Kewarganegaraan

Tugas sofskil Pend.Kewarganegaraan

Penulis : tugas kuliah on Jumat, 19 Februari 2010 | 01.46

Nama : Yopi Atul Improh Atik
Kelas :2ea06
Npm : 11208317

Landasan hukum Pendidikan Kewarganegaraan
WNI no1
1. UUD 1945

a. Pembukaan UUD 1945, alinea kedua dan keempat (cita-cita, tujuan dan aspirasi Bangsa Indonesia tentang kemerdekaanya).

b. Pasal 27 (1), kesamaan kedudukan Warganegara di dalam hukum dan pemerintahan.

c. Pasal 27 (3), hak dan kewajiban Warganegara dalam upaya bela negara.

d. Pasal 30 (1), hak dan kewajiban Warganegara dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

e. Pasal 31 (1), hak Warganegara mendapatkan pendidikan.

2. UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

3. Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor 43/DIKTI/Kep/2006 tentang Rambu-Rambu Pelaksanaan Kelompok Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi.

[Drs. H. Mardoto, M.T. , Penggugah Jiwa Kewarganegaraan, Tinggal di Yogyakarta]

Possibly related posts: (automatically generated)

* Kompetensi Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi
* Objek pembahasan Pendidikan Kewarganegaraan
* Tentang Pendidikan kewarganegaraan
* Konstitusi : Ideologi, Pancasila, dan Konstitusi


Kompetensi/kemampuan yang diharapkan dari Pendidikan Kewarganegaraan adalah:
Bahwa dengan pendidikan kewarganegaraan dimaksudkan agar kita memiliki wawasan kesadaran bernegarauntuk bela negara dan memiliki pola pikir, pola sikap dan prilaku sebagai pola tindak yg cinta tanah air berdasarkan Pancasila, semua itu diperlukan demi tetap utuh & tegaknya NKRI. Pendidikan kewarganegaraan yg berhasil akan membuahkan sikap mental yg cerdas, penuh rasa tanggung jawab dari peserta didik.
Sikap ini disertai dgn perilaku:
1. Beriman & bertakwa kepada Tuhan YME & menghayati nilai-nilai falsafah bangsa
2. Berbudi pekerti luhur, berdisiplin dalam bermasyarakat, berbangsa dan beragama
3. Rasional, dinamis, dan sadar akan hak & kewajiban sebagai warga negara
4. Bersifat profesional, yg dijiwai oleh kesadaran bela negara.
5. Aktif memanfaatkan ilmu pengetahuan & teknologi serta seni untuk kepentingan kemanusiaan, bangsa, dan negara.

C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Persatuan dan Kesatuan bangsa, meliputi: Hidup rukun dalam perbedaan, Cinta lingkungan, Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia, Sumpah Pemuda, Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Partisipasi dalam pembelaan negara, Sikap positif terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, Keterbukaan dan jaminan keadilan
2. Norma, hukum dan peraturan, meliputi: Tertib dalam kehidupan keluarga, Tata tertib di Satuan pendidikan nonformal penyelenggara pendidikan kesetaraan, Norma yang berlaku di masyarakat, Peraturan-peraturan daerah, Norma-norma dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Sistem hukum dan peradilan nasional, Hukum dan peradilan internasional
3. Hak asasi manusia meliputi: Hak dan kewajiban anak, Hak dan kewajiban anggota masyarakat, Instrumen nasional dan internasional HAM, Pemajuan, penghormatan dan perlindungan HAM
4. Kebutuhan warga negara meliputi: Hidup gotong royong, Harga diri sebagai warga masyarakat, Kebebasan berorganisasi, Kemerdekaan mengeluarkan pendapat, Menghargai keputusan bersama, Prestasi diri, Persamaan kedudukan warga negara
5. Konstitusi Negara meliputi: Proklamasi kemerdekaan dan konstitusi yang pertama, Konstitusi-konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia, Hubungan dasar negara dengan konstitusi
6. Kekuasan dan Politik, meliputi: Pemerintahan desa dan kecamatan, Pemerintahan daerah dan otonomi, Pemerintah pusat, Demokrasi dan sistem politik, Budaya politik, Budaya demokrasi menuju masyarakat madani, Sistem pemerintahan, Pers dalam masyarakat demokrasi
7. Pancasila meliputi: kedudukan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara, Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara, Pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, Pancasila sebagai ideologi terbuka
8. Globalisasi meliputi: Globalisasi di lingkungannya, Politik luar negeri Indonesia di era globalisasi, Dampak globalisasi, Hubungan internasional dan organisasi internasional, dan Mengevaluasi globalisasi.
D. Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran
1. Memahami hakekat bangsa dan Negara Kesatuan Repubilik Indonesia
2. Menganalisis sikap positif terhadap penegakan hukum, peradilan nasional, dan tindakan anti korupsi
3. Menganalisis pola-pola dan partisipasi aktif dalam pemajuan, penghormatan serta penegakan HAM baik di Indonesia maupun di luar negeri
4. Menganalisis peran dan hak warga negara dan sistem pemerintahan NKRI
5. Menganalisis budaya politik demokrasi, konstitusi , kedaulatan negara, keterbukaan dan keadilan di Indonesia
6. Mengevaluasi hubungan internasional dan sistem hukum internasional
7. Mengevaluasi sikap berpolitik dan bermasyarakat madani sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945
8. Menganalisis peran Indonesia dalam politik dan hubungan internasional, regional, dan kerja sama global lainnya
9. Menganalisis sistem hukum internasional, timbulnya konflik internasional, dan mahkamah internasional
E. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Tingkatan : V
Derajat : Mahir 1
Setara : Kelas X SMA / MA
Bobot SKK : 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) 1. Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara
2. Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan
3. Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI
4. Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
• Menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan nasional 1. Mendeskripsikan pengertian sistem hukum dan peradilan nasional
2. Menganalisis peranan lembaga-lembaga peradilan
3. Menunjukkan sikap yang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku
4. Menganalisis upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
5. Menampilkan peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
• Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan dan perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM) 1. Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM
2. Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia
3. Mendeskripsikan instrumen hukum dan peradilan internasional HAM

Tingkatan : VI
Derajat : Mahir 2
Setara : Kelas XI s.d XII SMA / MA
Bobot SKK : 4

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi
1. Mendeskripsikan hubungan dasar negara dengan konstitusi.
2. Menganalisis substansi konstitusi negara.
3. Menganalisis kedudukan pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia.
4. Menunjukkan sikap positif terhadap konstitusi negara
2. Menghargai persamaan kedudukan warga negara dalam berbagai aspek kehidupan

1. Mendeskripsikan kedudukan warga negara dan kewarganegaraan di Indonesia
2. Menganalisis persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara
3. Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku
3. Menganalisis sistem politik di Indonesia 1. Mendeskripsikan supra struktur dan infra struktur politik di Indonesia
2. Mendeskripsikan perbedaan sistem politik di berbagai negara
3. Menampilkan peran serta dalam sistem politik di Indonesia
4. Menganalisis budaya politik di Indonesia 1. Mendeskripsikan pengertian budaya politik.
2. Menganalisis tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia
3. Mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik
4. Menampilkan peran serta budaya politik partisipan

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
5. Menganalisis budaya demokrasi menuju masyarakat madani • Mendeskripsikan pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi
• Mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani
• Menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama, orde baru, dan reformasi
• Menampilkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari
6. Menampilkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

1. Mendeskripsikan pengertian dan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
2. Menganalisis dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
3. Menunjukkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
7. Menganalisis hubungan Internasional dan organisasi Internasional

1. Mendeskripsikan pengertian, pentingnya, dan sarana-sarana hubungan internasional bagi suatu negara
2. Menjelaskan tahap-tahap perjanjian internasional
3. Menganalisis fungsi Perwakilan Diplomatik
4. Mengkaji peranan organisasi internasional (ASEAN, AA, PBB) dalam meningkatkan hubungan internasional.
5. Menghargai kerja sama dan perjanjian internasional yang bermanfaat bagi Indonesia

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
8. Menganalisis sistem hukum dan peradilan internasional
1. Mendeskripsikan sistem hukum dan peradilan internasional
2. Menjelaskan penyebab timbulnya sengketa internasional dan cara penyelesaian oleh Mahkamah Internasional
3. Menghargai putusan Mahkamah Internasional
9. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka • Mendeskripsikan Pancasila sebagai ideologi terbuka
• Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
• Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
10. Mengevaluasi berbagai sistem pemerintahan
1. Menganalisis sistem pemerintahan di berbagai negara
2. Menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan Negara Indonesia
3. Membandingkan pelaksanaan sistem pemerintahan yang berlaku di Indonesia dengan negara lain
11. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi

1. Mendeskripsikan pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia
2. Menganalisis pers yang bebas dan bertanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia.
3. Mengevaluasi kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
12. Mengevaluasi dampak globalisasi
1. Mendeskripsikan proses, aspek, dan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
2. Mengevaluasi pengaruh globalisasi terhadap kehidupan Bangsa dan Negara Indonesia
3. Menentukan sikap terhadap pengaruh dan implikasi globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia
4. Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia

F. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran ini menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Seluruh materi SK dan KD pada masing-masing tingkat/derajat kompetensi dibagi ke dalam satuan kredit kompetensi (SKK) secara seimbang sebanyak yang ditentukan untuk tingkat/derajat kompetensi yang dimaksud. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Share this article :

Posting Komentar

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. tulisann tugas . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger